JAKARTA, Kabar Selebes – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) resmi meluncurkan fitur pencarian terbaru menggunakan teknologi Semantic Search berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) dalam aplikasi myIM3 dan bima+. Bekerja sama dengan Google Cloud, inisiatif ini memungkinkan pelanggan melakukan pencarian secara lebih relevan, personal, dan efisien, sehingga memudahkan mereka menemukan produk serta layanan yang sesuai kebutuhan.
Teknologi ini didukung oleh platform Vertex AI Google Cloud, yang memungkinkan sistem untuk memahami perilaku dan preferensi pelanggan secara mendalam. Dengan demikian, pencarian layanan seperti paket data, fitur gaya hidup, hingga program loyalitas seperti IMPoin dan BonsTri dapat disesuaikan secara dinamis dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
Bilal Kazmi, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Dengan dukungan Google Cloud, kami menghadirkan sistem pencarian yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memberikan nilai tambah nyata. Kolaborasi ini merupakan langkah strategis dalam menghadirkan pengalaman digital yang lebih pintar, personal, dan relevan bagi pelanggan kami.”
Sebagai pelopor dalam program Indonesia BerdAIa dari Google Cloud, Indosat berada di garis depan dalam menghadirkan inovasi berbasis AI guna memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang. Menurut Fanly Tanto, Country Director Google Cloud di Indonesia, teknologi Vertex AI Search dirancang untuk memahami pertanyaan dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris, termasuk makna semantik di balik pertanyaan dan variasi ejaannya.
Untuk memeriahkan peluncuran ini, Indosat juga menghadirkan kampanye interaktif “30 Hari Mencari Harta Karun,” yang berlangsung dari 21 Agustus hingga 19 September 2025. Melalui gamifikasi pencarian berbasis AI, pelanggan diajak mencari kata kunci atau kueri di akun media sosial Instagram resmi IM3 dan Tri, lalu mengaksesnya di kolom pencarian pada aplikasi myIM3 atau bima+. Pengguna paling aktif berkesempatan memenangkan beragam hadiah e-voucher dengan total hadiah hingga Rp5,5 juta.
Teknologi Semantic Search ini juga diperkuat oleh Sahabat-AI, model bahasa besar (Large Language Model / LLM) open source berbahasa Indonesia yang dirancang khusus untuk memahami konteks lokal, termasuk dukungan terhadap berbagai bahasa daerah dan dialek. Hal ini membuat interaksi pelanggan menjadi lebih dekat, relevan, dan bermakna.(*)